Menumbuhkan Minat Baca (Perspektif Abraham Maslow)

Ahmad Arief Ma’ruf

A.  Pendahuluan

Empat belas tahun sebagai guru Bahasa Indonesia, penulis cukup banyak menemui kendala yang menghambat pembelajaran siswa. Mulai dari keterbatasan sarana dan prasarana, input yang kurang dari harapan, komponen kurikulum yang berubah-ubah, maupun hal-hal internal yang berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar. Salah satu dari faktor internal tersebut adalah rendahnya minat baca siswa. Padahal, membaca adalah jalan utama untuk memperoleh pengetahuan.

Kenyataan di lapangan menunjukkan rata-rata siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Ngemplak Jogja, tempat penulis mengajar, memiliki minat baca yang rendah. Hal ini ditengarai oleh rendahnya angka kunjungan perpustakaan, sedikitnya siswa yang membaca koran tempel atau majalah dinding, maupun tidak adanya pemanfaatan waktu luang untuk membaca. Pun, di rumah mereka lebih bahwa menghabiskan waktunya untuk menonton TV, bermain, maupun membantu orang tua seperti menggarap sawah atau mencari rumput.

A.    Penyebab Rendahnya Minat Baca
Minat baca sangat dipengaruhi oleh motivasi. Keduanya bagai dua sisi mata uang yang tak mungkin dipisahkan. Rendahnya minat baca berarti rendahnya motivasi anak untuk membaca. Motivasi tersebut dapat berupa motivasi intrinsik maupun motivasi ekstriksin . Berdasarkan pengalaman mengajar di MTsN Ngemplak selama bertahun-tahun, penulis mengidentifikasikan beberapa hal yang secara dominan berpengaruh terhadap rendahnya minat baca siswa.

Upaya Menumbuhkan Minat Baca Siswa Membaca belum menjadi kebutuhan
Kegiatan membaca rupanya belum menjadi kebutuhan bagi siswa. Mereka beranggapan tanpa membaca pun meraka tidak mengalami kendala yang berarti. Keadaan ini dipengaruhi oleh kenyataan hidup sehari-hari bahwa mereka jarang dihadapkan pada keharusan membaca untuk mengatasi suatu masalah.

download Upaya Menumbuhkan Minat Baca Siswa

Tagged with:     , , , , , ,

About the author /


Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *